Contoh Laporan Wawancara (SMA Kelas X, Semester 2)

A. Topik : Cara Belajar Bahasa Inggris
Pewawancara : Hanafi Prayitno
Narasumber : Ibu Munar, S.Pd. (salah satu guru Bahasa Inggris di SMP)
Hari/tanggal : Sabtu, 13 Maret 2010
Tempat/pukul : Rumah Ibu Munarningsih, pukul 16.00

B. Daftar Pertanyaan
1. Sejak kapan anda mulai mengajar pelajaran Bahasa Inggris?
2. Bagaimana menurut anda, tentang pelajaran Bahasa Inggris itu?
3. Apa manfaat yang anda peroleh dari Bahasa Inggris?
4. Apakah bisa, bagi pemula yang ingin belajar Bahas Inggris?
5. Bagaimana cara belajar untuk para pemula?
6. Adakah pengalaman yang tak terlupakan, ketika menggunakan Bahasa Inggris?
7. Apakah anda sering menggunakan Bahasa Inggris dalam keluarga anda?
8. Bagaimana resep untuk berbahasa Inggris yang mahir?

C. Pokok-pokok Informasi
- Bahasa Inggris itu adalah Bahasa yang sangat sangat mengasyikan untuk dipelajari, selain Bahasa Inggris digunakan sebagai Bahasa Internasional.
- Dengan Bahasa Inggris, manfaatnya dapat berkomunikasi dengan orang yang ada di luar negeri dan Bahasa Inggris dapat menghasilkan uang.
- Bagi pemula, pertama bisa dikenalkan dengan tenses, to be, macam-macam tenses, mengenal nomor, waktu, dan penggunaan kalimat tanya dan kalimat menjawabnya.
- Resep untuk menjadi mahir dalam berbahasa Inggris hanya belajar, dan praktek.

D. Laporan Hasil Wawancara

Belajar Bahasa Inggris

Pewawancara : Sejak kapan anda mulai mengajar pelajaran Bahasa Inggris?
Narasumber : Saya mengajar Bahasa Inggris sejak lulus dari perguruan tinggi langsung mengajar di salah satu Sekolah Menengah Pertama.
Pewawancara : Kira-kira tahun berapa itu?
Narasumber : Kira-kira tahun 2001 kemarin. Saat itu usia saya masih 22 tahun.
Pewawancara : Bagaimana menurut anda, tentang pelajaran Bahasa Inggris itu?
Narasumber : Menurut saya, Bahasa Inggris itu adalah Bahasa yang sangat sangat mengasyikan untuk dipelajari, selain Bahasa Inggris digunakan sebagai Bahasa Internasional, menurut saya Bahasa Inggris lebih singkat dalam mengungkapkan sesuatu. Saya merasa senang sekali dengan pelajaran Bahasa Inggris, misalnya jika sedang badmod, bisa dengan menyanyi lagu-lagu luar yang liriknya berbahasa Inggris.
Pewawancara : Apa manfaat yang anda peroleh dari Bahasa Inggris?
Narasumber : Sangat-sangat banyak sekali. Salah satunya yang saya dapatkan dari Bahasa Inggris, saya dapat berkomunikasi dengan orang yang ada di Amerika, karena mereka menggunakan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris bagi saya juga menghasilkan uang, karena dengan mengajar Bahasa Inggris ini saya dapat bekerja dan mendapatkan uang.
Pewawancara : Lalu, apakah bisa, bagi pemula yang ingin belajar Bahas Inggris?
Narasumber : Oh, why not? Menurut saya, siapa saja, usia berapa saja bisa belajar Bahasa Inggris. Bahasa Inggris bukanlah bahasa yang sulit untuk dipelajari, Bahasa Inggris adalah bahasa yang simple.
Pewawancara : Bagaimana cara belajar untuk para pemula?
Narasumber : Bisa dikenalkan dengan tenses, to be, macam-macam tenses, mengenal nomor, waktu, dan penggunaan kalimat tanya dan kalimat menjawabnya. Setelah itu bisa dikenal, saya yakin tidak butuh waktu lama dapat mengerti tentang Bahasa Inggris. Setelah itu bisa ditambah dengan kosakata benda sehari-hari.
Pewawancara : Adakah pengalaman yang tak terlupakan, ketika menggunakan Bahasa Inggris?
Narasumber : Ada-ada. Waktu itu saya dan teman-teman sedang pergi berwisata ke Candi Borobudur. Saat itu saya terpisah dengan rombongan, saya ingin bertanya jam kepada turis yang ada disebelah saya. “sorry sir, what time is it now?”, turis itu menjawab “sekarang jam dua lebih empatpuluh menit, ”. Disitu saya malu, dan turis itu tertawa pada saya.
Pewawancara : Oh lucu sekali, dan apakah anda sering menggunakan Bahasa Inggris dalam keluarga anda?
Narasumber : Dengan suami saya sih jarang, tapi dengan anak-anak saya hampir setiap hari menggunakannya, supaya anak-anak lebih mengerti lagi cara berbahasa Inggris yang benar.
Pewawancara : Bagaimana resep untuk berbahasa Inggris yang mahir?
Narasumber : Just simple manner, only study study and study, then practice.

34 thoughts on “Contoh Laporan Wawancara (SMA Kelas X, Semester 2)

  1. Trims Sangat membantu banget, sekalilagi terimakasih banyak bisa ngebantu. . .

  2. mksih y udh bwt info ini because aq ugah ada tgz b.indo tntg ne………….kren bgtz karya mu trz y brkarya………………….cahyoo……………!!!!!

  3. thank’s y udh bwt informasi ini because kbetulan aq ugah ada tugas b.indo tntg ini///////////////////////////.krn bgtz laporan na .trz y brkreasi ttg iptek……………………………..cahyoooooooo!

  4. Makasi atas infox…….sngt berguna skali

    karna kebetulan lgi ada tugas……..thanks ya
    tingkatkan dan terus ngeblok hehehehe lam kenal

Leave a Reply

