Jenis-jenis Manusia Purba di Indonesia

Sejak abad XVII para ahli luar negeri banyak yang tertarik untuk meneliti tentang manusia purba di Indonesia. Mereka datang dengan bergiliran, orang yang pertama kali datang ke Indonesia adalah Eugene Dubois, seorang sarjana Belanda.
Sudah seharusnya dan sewajibnya kita bersukur dan berbangga karena bangsa kita mempunyai kekayaan dengan hasil temuan yang jarang ditemukan di Negara lain, terutama temuan manusia-manusia purba ini. Berarti di Indonesia telah hidup macam-macam manusia yang memiliki species dengan berbagai rupa. Berikut ini adalah jenis-jenis manusia purba (fosil) yang ditemukan oleh para ahli dari luar negeri di Indonesia.

A. MEGANTHROPUS
Ditemukan oleh Von Koenigswald yang menemukan rahang atas dan rahang bawah pada tahun 1936 dan tahun 1941 di Sangiran. Temuan ini merupakan sisa Meganthropus yang disebut Meganthropus paleojavanicus. Diperkirakan Meganthropus hidup satu sampai dua juta tahun lalu semenjak penelitian. Manusia purba jenis ini memiliki rahang yang kuat dan badan tegap. Para Meganthropus biasanya hidup dengan mengumpulkan bahan makanan terutama tumbuh-tumbuhan.

B. PITHECANTHROPUS
Temuan Pichecantropus pertamakali telah menarik perhatian dunia, terutama para ilmuan. Pichecanthropus merupakan temuan yang paling banyak di Indonesia, tinggi Pichecantropus rata-rata 165-180 cm namun tidak setegap Meganthropus. Adapun jenis dari Pithecanthropus di Indonesia antara lain: Pithecanthropus erectus, Pithecanthropus soloensis, dan Pithecanthropus mojokertensis.
1. Pithecanthropus erectus
Dikenal dengan manusia purba yang berjalan tegak, ditemukan oleh Eugene Dubois pada tahun 1891 di Trinil. Diperkiran dua setengah juta sampai satu setengah juta tahun setelah penelitian.
2. Pithecanthropus soloensis
Ditemukan oleh Von Koenigswland, Ter Haar, dan Oppenoorth antara tahun 1931 – 1934 di Ngandong, Kabupaten Blora.
3. Pithecanthropus mojokertensis
Dikenal sebagai manusia kera yang berasal dari Mojokerto. Jenis ini ditemukan oleh Von Koenigswald tahun 1936 di Pucangan, utara Perning dan Mojokerto. Jenis manusia purba ini merupakan jenis yang tertua, hidup antara dua setengah hingga satu seperempat tahun sejak penelitian.

C. HOMO
Fosil homo ditemukan di Wajak dengan tinggi tubuh antara 130 – 210 cm dan berat rata-rata 30 – 150 kg. Mulut dan dahinya masih menonjol, muka dan hidungnya masih lebar. Manusia purba jenis ini hidup antara 25.000 – 40.000 tahun yang lalu sejak penelitian. Oleh karena itu, fosil Homo ini ditemukan di Wajak, maka fosil ini disebut Homo wajakensis. Selain di Indonesia, fosil serua juga ditemukan di Malaysia Timur, Filipina, dan Cina Selatan.

D. HOMO SAPIENS
Homo jenis ini lebih sempurna dibandingkan dengan Homo lainnya, walaupun cara makannya masih sederhana. Homo sapiens artinya manusia cerdik, Homo jenis ini merupakan campuran antara Homo jenis Indonesia dan pendatang dari Yunan yang merupakan nenek moyang bangsa Indonesia. Ciri-ciri Homo sapiens mempunyai tubuh yang sempurna, rahang tidak menonjol seperti Pithecantropus, dan cara berfikirnya sudah maju.

rahang homo sapiens (all picture adapted from Ganeca Exact Bandung)

About these ads

26 thoughts on “Jenis-jenis Manusia Purba di Indonesia

  1. Menurut saya kata2 tentang ◄{̶(̥̊maňusiä◄{̶(̥̊ purba cuma mengada2 saja,,,,
    Toch ̲ ̲(n)nggak(n) ̲ ada buktinya kan,,,,

  2. oooooooooooooo atuuuuuuuhhhhhhhhh ooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  3. manusia purba mmang haus di lestarikan krn aku lg pada buatin tugas ade ku dina mencari tentang “peninggalan zaman purba di indonesia ;) :) :)

  4. menurut pendapat saya anda pembuat situs ini orangnya sangat kreatif. karna dapat membuat ilmu pengetahuan kita bertambah… ;)
    piss men….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s